Sulut, Sangihe (ANTARA) - Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) penanganan COVID-19 Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Jopy Thungari, meminta warga setempat tetap tertib mematuhi protokol kesehatan.

"Kami minta semua warga masyarakat agar terap tertib dalam mematuhi protokol kesehatan," kata Jopy Thungari di Tahuna, Sabtu.

Menurut dia, kasus positif COVID-19 saat ini kembali bertambah di Sangihe.

"Saat ini ada penambahan dua kasus positif COVID-19 di Sangihe, sesuai informasi yang diterima dari Satuan Tugas provinsi," kata dia.

Dua kasus positif COVID-19 tersebut dicatat sebagai pasien 32 dan 33. Pasien 32 adalah seorang pria, 28 tahun, alamat Kelurahan Bungalawang, Kecamatan Tahuna.

Pemeriksaan swab dilaksanakan pada tanggal 26 Oktober 2020 di Manado. Saat ini yang bersangkutan menjalani isolasi di RS R.W. Monginsidi Manado dengan gejala kehilangan penciuman bau.

Sedangkan pasien 33 kata dia adalah seorang perempuan dengan usia 34 tahun, alamat Kelurahan Dumuhung Kecamatan Tahuna Timur. Yang bersangkutan tidak memiliki riwayat perjalanan dan tidak memiliki gejala atau keluhan, saat ini sedang menjalani isolasi mandiri.

Dengan kondisi seperti ini, kata dia, berarti di Kabupaten Sangihe, khususnya di Tahuna, sudah ada transmisi lokal penyebaran COVID-19.

"Masyarakat harus tetap waspada dengan menjaga diri sendiri agar tidak terjangkit oleh COVID-19 dengan lebih disiplin mematuhi protokol kesehatan," kata dia.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024