Minahasa Tenggara (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara akan memfasilitasi pencari kerja, untuk mendapatkan lowongan di sejumlah perusahaan retail yang beroperasi di daerah tersebut.

"Kami akan memfasilitasi masyarakat yang berkeinginan bekerja di salah satu perusahaan retail. Saat ini ada satu perusahaan yang membutuhkan pekerja," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jan Wawointana di Ratahan, Kamis.

Dia mengungkapkan, sesuai dengan permintaan yang disampaikan ke instansinya, satu perusahaan retail terbesar di Indonesia membuka lowongan kerja bekerja sama dengan Pemerintah kabupaten.

"Sudah ada sekira 90 orang pelamar yang mengajukan lamarannya kepada kami. Hari Jumat dan Senin akan dilaksanakan seleksinya," kata dia.

Lebih lanjut dikatakannya, setelah dilakukan seleksi, hasil selanjutnya akan diserahkan ke pihak perusahaan.
"Kami pastikan, tidak ada yang namanya titipan dalam seleksi ini. Semua murni berdasarkan kemampuan dari pelamar untuk bisa bekerja. Kami hanya sebatas memfasilitasi," jelasnya.

Dia juga menambahkan, pelaksanaan seleksi tersebut sebagai bentuk komitmen dari pihak perusahaan retail untuk mengakomodir pekerja lokal.

"Sesuai dengan tuntutan dari Pemkab, bagi perusahaan retail yang akan beroperasi di Minahasa Tenggara, wajib mempekerjakan tenaga kerja lokal minimal 70 persen setiap gerai," tandasnya.

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024