Sitaro (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) menggelar program "Goes to School" di beberapa sekolah menengah atas di daerah kepulauan tersebut, dan mengajak para pemilih pemula berpartisipasi menggunakan hak pilihnya pada Pilkada 2020.

Ketua KPU Sitaro, Stevanus Kaaro mengatakan "Goes to School" sebagai salah satu upaya KPU Sitaro dalam mengenalkan pilkada kepada pelajar sekolah menengah atas sebagai pemilih pemula agar mendapatkan informasi yang benar mengenai pilkada.

" Informasi utama yang disampaikan untuk pemilih pemula adalah terkait dengan tanggal pelaksanaan pemilihan, nama calon dan nomor urut serta cara pelaksanaan pemilihan yang mengikuti protokol kesehatan"  tutur Kaaro, Rabu 22/10.

Selain itu, para pemilih pemula bisa lebih paham terhadap politik serta bisa mengerti bagaimana menyumbangkan pemikirannya atau aspirasinya untuk perkembangan sebuah daerah. 

Ia menambahkan jumlah DPT yang ada di kabupaten Sitaro 52. 710 dan 2 diantaranya adalah pemilih pemula yakni 1101. 

Lanjutnya, Program "Goes to School" akan dilakukan secara bergiliran di semua sekolah di Kabupaten  Sitaro, untuk awal pelaksanaan dilakukan di sekolah yang terletak di pulau pulau sedangkan untuk daratan Siau akan dilaksanakan setelah selesai daerah kepulauan. " Dipastikan awal bulan November semua sekolah di Sitaro sudah terjangkau dengan program ini" katanya

"Ini merupakan upaya untuk menekan angka golput" tutupnya. 

Pewarta : Miranti Sahambangung
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024