Sitaro (ANTARA) - Bupati Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) Evangelian Sasingen menjadi narasumber dalam talkshow bertajuk "Zero COVID-19. Terima Penghargaan BNPB, Bupati Sitaro Ikuti Talkshow bertajuk "Zero Covid-19 Kabupaten Sitaro Penerima Penghargaan BNPB" (2 Para pejabat tinggi pratama, pejabat administrator menyaksikan live talkshow di Auditorium Pemda (3) ) Dalam acara  yang diselenggarakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Nasional. dari Media Center Satgas COVID-19  Graha BNPB Jakarta, Jumat(16/10)  pukul 10.00 WIB dan disiarkan langsung melalui TV Pool dan Radio Pool dengan hak siar yang dapat dipakai untuk seluruh media.  

Dalam talkshow yang dipandu host Anastasya Putri ini, Bupati  Sasingen menyampaikan bahwa penghargaan yang diterima dari BNPB adalah karena masyarakat yang mau bekerjasama dengan pemerintah secara baik. 

Lebih lanjut ia memaparkan bagaimana masyarakat Sitaro  memiliki kepekaan dan respon yang tinggi dalam menghadapi bencana khususnya erupsi Gunung Api Karangetang. 

"Pemerintah selalu menyosialisasikan kepada  masyarakat dan melakukan pendekatan secara keagamaan dan adat kepada masyarakat sehingga telah teredukasi dengan baik" katanya.

Sasingen juga menambahkan, mengenai penanganan COVID-19 di Kabupaten Kepulauan Sitaro, pihaknya sudah ''action'' sejak awal bulan Maret dengan menyosialisasikan tentang COVID-19 , kemudian dibentuk gugus tugas yang melibatkan pemerintah, TNI, Polri, kejaksaan yang kompak dan masyarakat yang begitu antusias dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19.
"
 Selain itu, dilakukan pemeriksaan yang sangat ketat di semua pintu masuk  ke Kepulauan Sitaro dan membangun rumah singgah di setiap kampung.

" Walaupun bisa dikatakan kami Zero COVID-19 namun penerapan protokol kesehatan sampai saat ini wajib dilaksanakan di Sitaro" ujar Bupati.

Senada dengan itu, Pdt. Rachel Papona selaku tokoh agama mengatakan sebagai pendeta selalu mendoakan  dan bekerja sama dengan pemerintah ketika terjadi bencana untuk mengadakan doa dan ibadah bersama di lokasi bencana.

Tokoh Adat Erland Jaya Salindeho juga menyampaikan melalui komunitas adat yang ada, pihaknya selalu mensosialisasikan tentang bagaimana menghadapi bencana yang terjadi.

Para pejabat tinggi pratama, pejabat administrator menyaksikan live talkshow di Auditorium Pemda.

Pewarta : Miranti Sahambangung
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024