Manado (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Siau Tagulandang Biaro((Sitaro) dan PT Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Utara Gorontalo (BSG) bersinergi dalam mengoptimalkan penggunaan aplikasi keuangan daerah,sehingga terkontrol dengan baik.

"Untuk mewujudkan hal tersebut, pihaknya melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama  pengembangan dan penggunaan aplikasi koneksi transaksi antara rekening Kas Umum Daerah dengan Aplikasi SIMDA Keuangan dalam rangka optimalisasi pengelolaan keuangan Pemerintah Kabupaten Sitaro, " kata Dirut BSG Jeffry Dendeng, di Manado, Senin. 

Jefry  mengatakan dalam menghadapi wabah COVID-19, para pelaku ekonomi dan stakeholders semuanya lebih banyak memilih beraktivitas dan bekerja dari rumah demi terhindar dari virus ini, sehingga menjadi suatu kewajiban bagi Bank SulutGo agar dapat terus menyajikan pelayanan sesuai dengan kondisi, kebutuhan dan preferensi nasabah saat ini.

"Kerja sama ini merupakan wujud dari penggunaan sistem digital yang dikembangkan oleh BSG demi memberi kemudahan bagi pemerintah di Kabupaten Sitaro serta menjadi penunjang bagi transparansi dan akuntabilitas pemerintah," jelasnya.

Tujuan perjanjian ini, katanya, membentuk jaringan kerja sama antara Pemkab Sitaro dengan BSG khususnya dalam transaksi rekening giro atau tabungan pemerintah desa untuk pengelolaan, penempatan, transfer ADD, dana desa, bagi hasil pajak daerah & retribusi daerah, serta bantuan keuangan lainnya menggunakan aplikasi KASDA Online sesuai dengan syarat dan ketentutan yang diatur dalam perjanjian ini.

Untuk mendorong percepatan pengelolaan keuangan desa guna mewujudkan tata kelola pemerintah desa yang baik dan terwujudnya pemerintah desa yang bersih.

"Perjanjian ini merupakan bukti konkrit atas kepercayaan Pemerintah Kabupaten Sitaro terhadap BSG. Kami berjanji menjaga kepercayaan dengan memberikan pelayanan dan perhatian secara maksimal ," jelasnya. 

Bupati Sitaro, Evangelian Sasingen, mengatakan, BSG dan Pemkab Sitaro sudah menjalin kerja sama dan sampai saat ini masih mampu mempertahankan sinergitas dengan baik. 

"Tak perlu khawatir, Pemkab Sitaro masih tetap mempercayakan BSG dalam mengelola RKUD, “ jelasnya.
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024