Manado (ANTARA) - Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) meningkatkan mutu para perajin di kawasan wisata Likupang, Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Hal ini dilakukan dengan mengadakan pelatihan kewirausahaan dan kerajinan bagi para perajin di kawasan wisata Likupang," kata Ketua Bidang Wirausaha Baru Dekranas Endang Budi Karya Sumadi melalui Ketua Dekranasda Provinsi Sulut Fatoni Widyaningtyas, di Minahasa Utara, Kamis.

Dia mengatakan pelatihan tersebut merupakan wujud sinergitas antara Dekranas dengan Kementerian Perhubungan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan PT Telkom Indonesia.  Kolaborasi ini, katanya, dalam rangka menumbuhkan wirausaha baru kerajinan di wilayah tersebut.

“Dengan, Dekranas mengambil inisiatif mendorong semua elemen pelaku usaha kerajinan untuk lebih peduli dan kreatif di era Industri 4.0. Mendorong sektor pendidikan nonformal untuk menyesuaikan kurikulum pendidikan dengan tantangan dan kebutuhan di era sekarang,” ungkapnya.

Kegiatan pelatihan dimulai 6-10 Oktober 2020 dengan sasaran 60 perajin.

Diharapkan dengan adanya kegiatan tersebut akan tercipta produk kerajinan seperti selop tenun, topi, masker kain, dan kerajinan lain berbasis rotan dan batok .

Pelatihan berikutnya adalah pendidikan kecakapan wirausaha pada 10 Oktober sampai 07 November 2020 dan rencananya diikuti 200 peserta didik.

Pesertanya yaitu warga masyarakat di sekitar destinasi pariwisata super prioritas Likupang, berusia antara 15 – 30 tahun, yang merupakan remaja putus sekolah atau tidak sekolah, dan belum memiliki pekerjaan tetap.

Pelatihan selanjutnya yakni digitalisasi kewirausahaan (23-24 Oktober 2020) bekerjasama dengan PT Telkom Indonesia menggandeng Universitas Sam Ratulangi.

"Ini wujud upaya untuk memperluas akses pasar dan akselerasi penerapan industri 4.0 di sektor kerajinan," jelasnya.

Pjs Bupati Minahasa Utara Clay Dondokambey mengatakan pemerintah daerah sangat mendukung hal tersebut karena bisa memberi keuntungan bagi pelaku usaha di di daerah itu.

"Saya juga berterima kasih pada Dekranas, yang sudah memilih Likupang sebagai lokasi pelatihan ini,” ujar Bupati Clay.
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024