Sulut, Sangihe (ANTARA) - Satuan Tugas (Satgas) penanganan COVID-19 Kabupaten Kepulauan Sangihe Provinsi Sulawesi Utara terus menelusuri orang terdekat pasien virus corona untuk dilakukan rapid test.

"Satgas penanganan COVID-19 terus melakukan penelusuran terhadap orang terdekat dari pasien COVID-19 untuk dilaksanakan rapid test," kata Jopy Thungari, Juru bicara Satgas penanganan COVID-19 Kabupaten Sangihe di Tahuna, Senin.

Menurut dia, rapid test dilakukan terhadap orang terdekat dari pasien COVID-19 yang saat ini sementara menjalani isolasi dan perawatan.

"Tim Satgas terus melakukan penelusuran terhadap penularan COVID-19 di Kabupaten Sangihe guna memutuskan penyebarannya," kata dia.

Dia mengatakan, kasus COVID-19 di Sangihe beberapa hari ini bukan lagi karena pelaku perjalanan tapi sudah menular di kalangan masyarakat secara lokal.

Dia berharap, masyarakat terbuka untuk menginformasikan kepada satuan tugas bila pernah melakukan kontak erat dengan pasien COVID-19.

"Kami mengimbau semua masyarakat yang pernah melakukan kontak erat dengan pasien COVID-19 agar dilakukan tes cepat agar segera terdeteksi," kata dia.

Thungari mengimbau kepada masyarakat Sangihe agar tetap mematuhi aturan protokol kesehatan.

"Kami mengimbau masyarakat di Kabupaten Sangihe agar tetap mematuhi protokol kesehatan ketika berada di luar rumah agar terhindar dari COVID-19," kata dia.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024