Manado (ANTARA) - Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Ivanry Matu mengatakan pentingnya sinergitas antar lembaga dalam percepatan pemulihan ekonomi nasional ditengah pandemi COVID-19.

"Pemerintah memiliki otoritas penuh untuk mengatur anggaran dan pembiayaan negara, karena itu melihat dampak pandemi COVID-19 saat ini, maka sudah seharusnya pemerintah mengambil langkah-langkah strategis, cepat dan terukur, dalam pemulihan ekonomi," kata Ivanry, di Manado, Minggu.

Dia mengatakan seperti refocusing dan intervensi tetapi juga evaluasi program dan kebijakan.

Hal yang sangat penting memasuki triwulan IV tahun 2020, katanya, bahwa pemerintah serius agar percepatan belanja APBN/APBD dapat berjalan optimal guna pemulihan ekonomi yang sebenarnya.

Ivanry mengatakan jika mau jujur kita sudah resesi dari beberapa bulan sebelumnya, diketahui bahwa anggaran pemerintah menjadi salah satu alat utama dalam memelihara dan mengupayakan keseimbangan fundamental perekonomian negara.

Karena itu, katanya, penting sekali serapan anggaran di lembaga dan kementerian sampai di daerah-daerah itu sudah harus dibelanjakan agar tercipta siklus ekonomi. 

Presiden dan para Kepala daerah harus fokus dan teliti memantau serapan belanja pemerintah, jika perlu kejar data progres setiap hari, apalagi jelang Pemilukada yg akan digelar pada bulan Desember 2020.

Para Kepala daerah penjabat sementara (pjs) itu tugasnya tidak hanya menyukseskan Pemilukada tapi juga harus sukses mengawal dan memastikan pertumbuhan ekonomi di daerah itu harus positif dalam rangka menopang pertumbuhan ekonomi nasional.

Peogram-peogram bansos juga, katanya, agar tepat waktu dan tepat sasaran dalam distribusinya, harus dipantau terus distribusinya, dalam berbagi upaya.

Tentu yang sangat penting juga sinergitas semua pihak, terutama lembaga legislatif, yudikatif pun harus bersama-sama menunjang agar setiap eksekusi kebijakan dapat berjalan lancar.



 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024