Sulut, Sangihe (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Sangihe mengingatkan semua jajaran Panitia Pengawas Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) dari kecamatan hingga   kampung dan kelurahan, agar tetap netral.

"Netralitas jajaran Panwas Pemilu menjadi keharusan dalam pelaksanaan tugas pengawasan tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada)." kata Ketua Bawaslu Sangihe, Junaidi Bawenti di Tahuna, Rabu.

Semua jajaran Panwas harus tetap netral agar pelaksanaan tugas pengawasan bisa terlaksana dengan baik..

Bawaslu Sangihe, kata dia, akan terus melakukan pemantauan terhadap kinerja jajaran Panwaslu yang ada di lapangan agar tidak ada yang menyalahgunakan kepercayaan yang diberikan.

Dalam konteks ini, kata dia, Bawaslu mengharapkan partisipasi masyarakat pemilih untuk membantu mengawasi kinerja jajaran Panwaslu.

"Kami sangat mengharapkan partisipasi masyarakat untuk memberikan informasi kepada Bawaslu Kabupaten Sangihe apabila mengetahui ada jajaran Panwas yang tidak netral dalam pelaksanaan tugas di lapangan," kata dia.

Dia berjanji akan memberikan tindakan yang tegas kepada setiap personil Panwaslu yang tidak netral dalam pelaksanaan Pilkada ini.

"Sanksi yang tegas akan kami berikan kepada personil Panwaslu yang tidak netral dalam pelaksanaan tugas pengawasan," kata dia.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024