Manado (ANTARA) - KPU Kota Manado, minta agar seluruh masyarakat, terutama wajib pilih untuk memeriksa kembali daftar pemilih yang akan diumumkan di 87 kantor lurah setempat. 

"teman meminta seluruh masyarakat kota Manado agar proaktif untuk mengecilkan dirinya masing-masing apakah sudah masuk dalam daftar pemilih yang akan diumumkan nanti di kantor lurah sebelum berakhir bulan ini,"  kata komisioner KPU Manado, Abdul Gafur subaer di Manado. 

Dia mengatakan, bukan hanya meminta masyarakat untuk mengecek dirinya masing-masing, tetapi siapa saja kenalan saudara teman atau bahkan tetangga, untuk memastikan apakah telah masuk dalam DPS yang telah ditetapkan oleh KPU Manado atau belum. 

Bahkan koordinator divisi data dan informasi KPU Manado itu, mengatakan bukan hanya mengumumkan kepada masyarakat, tetapi nanti pihaknya akan menyurati semua instansi maupun perusahaan swasta di Kota Manado, untuk memberikan kesempatan atau menyuruh karyawannya yang merupakan wajib pilih untuk mengecek diri masing-masing, apakah telah terdaftar atau masuk dalam BPJS atau tidak. 

"Apalagi KPU akan menetapkan DPT, maka kami memerlukan masukan maupun saran dari masyarakat terkait perbaikan daftar pemilih tetap  yang akan kami tetapkan nanti," katanya. 

Nantinya, kata Gafur pihaknya akan memastikan juga para pemilih terdaftar dengan memeriksa seluruh DPS. 

"jika ada pemilih yang belum terdaftar, maka disarankan dan diminta untuk memeriksa melaporkan langsung ke kantor kelurahan. Karena disana ada PPS yang merupakan tingkatan paling bawah dari KPU dalam melaksanakan tugas," katanya. 

Selain itu katanya dengan melapor ke ke TPS di kelurahan apalagi jika yang datang adalah yang bersangkutan langsung maka pihaknya akan langsung menginstruksikan PPS melakukan verifikasi faktual di tempat sehingga bisa langsung melakukan perbaikan data. 

Tetapi dia menegaskan bahwa pemutakhiran data pemilih akan dilakukan secara terus-menerus sampai menjelang pemungutan suara yakni pada tanggal 6 Desember 2020 atau tiga hari sebelum pemungutan suara. ***

Pewarta : Joyce Hestyawatie B

Copyright © ANTARA 2024