Sulut, Sangihe (ANTARA) - Sebanyak 1.030 perangkat kampung yang ada di Kabupaten Kepulauan Sangihe Provinsi Sulawesi Utara telah diikutkan menjadi peserta BPJAMSOSTEK oleh pemerintah setempat.

"Pemerintah Kabupaten Sangihe telah mengikutkan 1.030 perangkat kampung sebagai peserta BPJAMSOSTEK," kata  Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kepulauan Sangihe Dokta Pangandaheng di Tahuna, Minggu.

Menurut dia, kartu BPJAMSOSTEK bagi perangkat kampung sudah diterima dari Kantor BPJAMSOSTEK.

"Kami sudah menerima kartu BPJAMSOSTEK untuk perangkat kampung yang ada di Kabupaten Sangihe," kata dia.

Selain perangkat kampung kata dia, tenaga harian lepas di kecamatan, kepala lingkungan dan ketua RT serta petugas kebersihan juga diikutkan sebagai peserta.

"THL kecamatan, kepala lingkungan dan RT serta petugas kebersihan yang sudah diterima kartunya sebanyak 250 lembar," kata dia.

Dia mengatakan untuk penyerahan kartu kepada perangkat kampung dan lainnya dilaksanakan awal bulan September.

"Penyerahan kartu direncanakan awal bulan September oleh Bupati Jabes Ezar Gaghana sebab ini merupakan program Pemerintah Kabupaten Sangihe," kata dia.

Dia mengatakan, dengan diperolehnya kartu BPJAMSOSTEK maka setiap pekerja mendapat jaminan dari pemerintah ketika bertugas.

"Melalui kepesertaan di BPJAMSOSTEK berarti ada jaminan dati pemerintah ketika terjadi kecelakaan saat bekerja," kata dia.

Dia mengatakan semua kita tidak menghendaki terjadinya kecelakaan dalam melaksanakan tugas namun ketika hal itu terjadi maka sudah ada jaminan.

"Kita berharap semua peserta BPJAMSOSTEK tetap waspada dalam melaksanakan tugas namun ketika terjadi kecelakaan kerja maka pemerintah melalui BPJAMSOSTEK sudah memberikan jaminan," kata dia.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024