Manado (ANTARA) - Orangtua mengeluhkan proses pembelajaran daring di tengah pandemi virus corona (COVID-19), karena alasan mahalnya paket data selama ini.

Keterbatasan kuota internet juga, menjadi kendala bagi para pelajar yang menggelar pembelajaran di rumah.

Belajar online dari rumah masih harus dilakukan saat ini, karena Pandemi Virus Corona membuat banyak orang tua kewalahan karena harus membeli paket kuota internet yang cukup banyak dan terbilang mahal.

Refly S (49), salah satu orang tua di Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut) mulai mengeluhkan pemakaian kuota yang harus banyak, akibat ketiga anaknya yang harus belajar daring setiap hari.

Dia mengatakan anaknya tertua seorang mahasiswa, anak kedua di bangku sekolah menengah atas, dan anak ketiga di sekolah menengah pertama, dan ketiga-tiganya harus belajar secara daring.

Ternyata, katanya, belajar daring dari rumah pengeluarannya masih jauh lebih besar dibandingkan saat mereka sekolah seperti biasa, soalnya harus membeli kuota dengan ratusan ribu, dan tidak cukup sampai sebulan kuotanya telah habis, dan harus beli lagi.

"Saya merasa tidak sanggup, dengan pekerjaan saya sehari-hari hanya seorang petani," katanya.

Namun, kata Refly, kabar gembira datang dari Telkomsel, saat membaca berita online dan share dari kerabat, kini ada paket murah kuota belajar dengan 10 GB hanya dengan Rp 10.

Saat ini Telkomsel menyediakan paket murah yang disebut Paket kuota belajar Telkomsel, ini bisa didapatkan hanya dengan membayar seharga Rp 10 untuk 10 GB.

Dengan paket ini, sangat terbantu, pihaknya mampu menekan biaya pengeluran setiap bulan, yang awalnya hanya untuk paket kuota, tapi dengan adanya Paket kuota belajar Telkomsel, dirinya lebih hemat.

Kuota belajar Telkomsel adalah layanan kuota gabungan antara ilmupedia dan conference yang dapat digunakan untuk mengakses aplikasi atau website edukasi dalam proses belajar mengajar siswa dan guru.

Paket Kuota Belajar sudah dapat dinikmati pengguna layanan prabayar Telkomsel mulai tanggal 21 Agustus sd 31 Desember 2020, dengan mengakses melalui aplikasi MyTelkomsel atau UMB *363*844#.

Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Steven Kandouw saat menghadiri webinar Happy Teacher, Happy Student (Stress Management For Teacher) yang digelar Telkomsel di Jakarta, Rabu (26/8), mengatakan, Program Webinar se-Sulut yang terselenggara atas kerja sama Pemprov Sulut bersama Telkomsel ini fokus membantu pendidikan daring pada era new normal. 

Dengan judul Happy Teacher Happy Student harapannya dengan pergantian kebiasaan dari tatap muka ke daring tetap berjalan lancar, efektif dan berjalan menyenangkan.

Wagub Kandouw mengapresiasi dukungan Telkomsel atas sektor pendidikan Sulut di masa new normal.

Dia mengatakan Telkomsel ini paling depan untuk menggabungkan mempertahankan NKRI. Menurut saya ini salah satu pemberian diri dari Telkomsel untuk mempertahankan NKRI,” kata Kandouw.

Dia mengatakan bahwa Pemprov Sulut bersama masyarakat merasakan manfaat dari terobosan yang dilakukan oleh Telkomsel dalam menunjang kegiatan belajar mengajar secara daring akibat pandemi COVID-19.

Kandouw menjelaskan, salah satu terobosan Telkomsel adalah menyediakan kuota internet untuk kegiatan belajar dengan harga terjangkau yaitu senilai Rp 10 untuk kuota 10 GB.

Menurutnya luar biasa terobosannya 10 GB hanya Rp 10, guru-guru juga dapat diskon. Kontribusi yang luar biasa untuk kendala-kendala dilapangan saat ini.

Disamping itu, Kandouw juga mengajak seluruh guru agar tetap bekerja profesional dalam memajukan sektor pendidikan Sulut.

Kandouw berharap kegiatan yang dilakukan Telkomsel dapat terus dikerjakan di Sulut demi meningkatkam kualitas tenaga pengajar.

Vice President Prepaid Consumer Telkomsel Adhi Putranto, mengatakan melanjutkan komitmen dalam mendukung proses pembelajaran jarak jauh di masa yang penuh tantangan ini, Telkomsel kembali menghadirkan inovasi produk untuk mendukung hal tersebut, dengan meluncurkan paket Kuota Belajar. 

Paket dengan kuota data 10GB senilai Rp10 tersebut memberikan keunggulan dari gabungan paket kuota data Ilmupedia dan Conference yang dapat digunakan untuk mengakses sejumlah aplikasi atau situs belajar daring dan layanan konferensi video dalam proses belajar mengajar pelajar dan pengajar. Paket Kuota Belajar ini sudah dapat dinikmati pelanggan mulai tanggal 21 Agustus 2020 hingga 31 Desember 2020.

Sejak awal penyesuaian masa pandemi COVID-19, Telkomsel telah berupaya untuk terus bergerak maju berinovasi menghadirkan ragam inisiatif produk dan layanan yang dapat mendukung adaptasi kebiasaan baru di berbagai aktivitas masyarakat, terutama dalam memberikan kenyamanan para pelajar dan pengajar menjalankan proses pembelajaran jarak jauh.

Sukses dengan paket kuota data Ilmupedia dan conference yang sebelumnya telah diluncurkan, kini Telkomsel kembali memperluas cakupan keunggulan paket dengan menggabungkan  kemanfaatan kedua paket tersebut, melalui kehadiran paket Kuota Belajar.

Paket Kuota Belajar dapat diakses khusus oleh pengguna layanan prabayar Telkomsel melalui aplikasi MyTelkomsel atau UMB *363*844#. Dengan mengaktifkan paket Kuota Belajar, pelanggan Telkomsel dapat menikmati kemudahan akses ke sejumlah platform aplikasi belajar daring dan konferensi video yang ada di paket llmupedia dan Conference, seperti Rumah Belajar, Zenius, Quipper, Udemy, Duolingo, Sekolah.mu, Cakap, Bahaso, Cambridge, AyoBlajar, Zoom, CloudX, UMeetMe, Microsoft Teams, Cisco Webex, Google Meet, Google Classroom, dan ratusan situs belajar daring yang dikelola kampus dan sekolah hingga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 

Paket Kuota Belajar 10GB ini sendiri dapat dinikmati pelanggan selama 30 hari sejak tanggal pengaktifan.

Adhi lebih lanjut menambahkan, Telkomsel berharap paket Kuota Belajar dapat memperluas manfaat dari paket Ilmupedia dan Conference dengan menyediakan akses ke lebih banyak mitra penyedia platform yang telah berkolaborasi, baik itu platform edutech, institusi perguruan tinggi, dan pemerintah, sehingga dapat mendukung kenyamanan aktivitas proses pembelajaran jarak jauh secara daring dengan semangat #DiRumahTerusBelajar. Informasi lebih lanjut serta syarat dan ketentuan untuk dapat menikmati paket Kuota Belajar ini dapat diakses di https://www.telkomsel.com/kuotabelajar.

“Kami senantiasa berharap, setiap inisiatif dan upaya yang telah dan akan dihadirkan Telkomsel dapat terus memenuhi kebutuhan masyarakat di berbagai fase kehidupan," jelasnya.  
Sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, Telkomsel terus bergerak maju menghasilkan upaya kolaboratif baru lainnya dan memperkuat sikap gotong royong yang mampu mendukung aktivitas digital masyarakat. 

"Untuk itu, kami selalu optimis kita semua mampu menghadapi adaptasi kebiasaan baru dengan lebih baik, terutama di masa penuh tantangan seperti saat ini,” pungkasnya.
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024