Sulut, Sangihe (ANTARA) - Kepala dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Jefry Gaghana mengatakan sampai saat ini sudah 50 kampung yang menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dana desa tahap lima.

"Dari 145 kampung yang ada di Sangihe, 50 kampung sudah menyalurkan BLT dana desa tahap lima," kata Jefry Gaghana di Tahuna, Rabu.

Menurut dia, dana yang terserap untuk BLT di 50 kampung sebesar Rp1.260.300.000 yang diterima oleh 4.201 kepala keluarga.

Sedangkan untuk BLT dana desa tahap satu sampai tiga sudah tersalur semua kepada 11.149 kepala keluarga penerima.

Dia mengatakan untuk BLT tahap empat, sudah lebih dari 50 persen kampung di Sangihe yang merealisasikan pembayaran.

"Sampai saat ini, dari 145 kampung yang ada di Sangihe, sudah 98 kampung yang merealisasikan pembayaran BLT tahap empat," kata dia.

Sedangkan untuk BLT dana desa tahap pertama dan tiga yaitu untuk bulan April dan Mei serta Juni sudah tersalur semuanya.

"BLT dana desa untuk tahap pertama sampai dengan tiga sudah terbayar sebanyak Rp20.068.200.000," kata dia.

Gaghana menambahkan, BLT dana desa untuk tahap pertama sampai tiga masing-masing keluarga menerima dana sebesar Rp600 ribu.

"BLT dana desa tahap pertama sampai tiga setiap keluarga menerima dana Rp600 ribu per bulan, sedangkan mulai tahap empat yaitu bulan Juli setiap keluarga menerima dana Rp300 ribu," kata dia.

Dia berharap kampung yang belum mencairkan BLT tahap empat dan lima segera merealisasikannya.

"Kami berharap pemerintah kampung yang belum menyalurkan BLT tahap empat dan lima segera merealisasikan pembayaran BLT melalui pencairan dana desa," kata dia.*

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024