Sulut, Sangihe (ANTARA) - Hari Ulang Tahun ke-75 kemerdekaan Republik Indonesia dirayakan dengan penuh hikmat oleh pemerintah dan masyarakat sekalipun di tengah pandemi COVID-19.

Puncak peringatan pada hari Senin 17 Agustus dilakukan melalui upacara bendera bertempat di lapangan Gelora Santiago Tahuna dengan Inspektur Upacara Bupati Jabes Ezar Gaghana.

Sekalipun hanya dihadiri para pejabat sipil dan TNI-Polri dengan peserta upacara, perwakilan anggota TNI dan Polri serta tumpukan musik bambu, namun semua unsur upacara termasuk pengibaran bendera merah putih yang dikibarkan oleh tiga orang pengibar, tetap terlaksana dengan baik dan penuh hikmat.
  Bupati Jabes Ezar Gaghana bersama Forkopimda mengikuti upacara secara virtual (1)
Setelah menggelar upacara bendera, Bupati bersama forum koordinasi pimpinan daerah mengikuti upacara yang diselenggarakan di Istana  Jakarta melalui virtual.

Sejumlah generasi muda di kampung Barangkalang kecamatan Manganitu pada hari Senin 17 Agustus menaikkan bendera merah putih di pantai saat air laut surut.
  Generasi muda di kampung Barangkalang menaikan bendera di pantai (1)
Selain upacara bendera, jajaran TNI Angkatan Darat yang ada di Kodim Sangihe pada hari Sabtu 15 Agustus menggelar pembentangan bendera merah putih sepanjang 50 meter di kompleks pelabuhan Tua serta lomba perahu di teluk Tahuna.
  Pembentangan bendera merah putih sepanjang 50 meter di Pelabuhan Tua Tahuna (1)
TNI Angkatan Laut yang ada di Pos Lanal Tahuna juga pada jari Sabtu 15 Agustus menggelar
dengan melibatkan perahu Panbout masyarakat mengibarkan bendera merah putih di laut PETTA Kecamatan Tabukan Utara yang juga di hadiri Bupati Jabes Ezar Gaghana.
  Pengibaran 300 bendera di laut Peta Tabukan Utara (1)
Jajaran Polres Sangihe melalui Polsek Tabukan Utara dan Nusa Tabukan pada hari Selasa 18 Agustus menggelar kegiatan pembentangan bendera merah putih sepanjang 545 meter.

Bendera merah putih terpanjang di Sangihe tahun ini dibentangkan di pantai putih Nanedakele, salah satu pulau terluar yang ada di kecamatan Nusa Tabukan yang dihadiri Bupati Jabes Gaghana serta anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah.
  Pembentangan bendera merah putih sepanjang 545 meter di pantai Nanedakele Nusa Tabukan (1)
Pemerintah kabupaten Sangihe melalui Dinas Pemuda dan Olahraga juga mengambil bagian dalam memeriahkan HUT ke-75 kemerdekaan RI.

Hari Kamis 20 Agustus digelar lomba bersepeda yang diikuti oleh 400 lebih pesepeda yang melibatkan pemerintah dan masyarakat.
  Lomba bersepeda yang diikuti 400 lebih peserta di Tahuna (1)
Bupati Jabes Gaghana menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang sudah menggelar berbagai kegiatan dalam memeriahkan perayaan HUT ke-75 kemerdekaan RI di kabupaten Sangihe sebagai wilayah perbatasan dengan negara Filipina.
  Bupati Jabes Ezar Gaghana  memberikan bantuan pangan kepada masyarakat di kecamatan Tabukan Utara. (1)
"Berbagai kegiatan yang telah digelar dalam memeriahkan HUT ke-75 kemerdekaan RI semakin meningkatkan rasa cinta seluruh masyarakat Kabupaten Sangihe terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata Bupati.
*ADVETORIAL*.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024