Sulut, Sangihe (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Sangihe Jopy Thungari mengatakan saat ini sudah tidak ada pasien positif COVID-19 di daerah itu.

"Saat ini sudah tidak ada lagi masyarakat yang diisolasi karena terkonfirmasi positif COVID-19 di Sangihe," kata Jopy Thungari yang juga Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara di Tahuna, Rabu.

Dia mengatakan dua rumah sakit di Kabupaten Sangihe sudah tidak merawat pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19.

"Ruang perawatan pasien COVID-19 di Rumah Sakit Liun Kendage dan Liung Paduli saat ini sudah dalam keadaan kosong karena tidak ada lagi pasien," kata dia.

Namun demikian, kata dia, masih ada satu warga yang memiliki KTP Sangihe sementara ini menjalani isolasi di Manado.

Dengan kondisi itu, kata dia, masyarakat di Kabupaten Sangihe tetap dianjurkan mematuhi protokol kesehatan ketika berada di luar rumah.

"Kami tetap menganjurkan semua masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan saat berada di luar rumah dan menghindari kontak badan dengan orang lain," kata dia.

Pintu masuk pelabuhan laut di daerah setempat juga sampai saat ini masih diberlakukan protokol kesehatan terhadap penumpang yang turun dari kapal.

"Tim gugus setiap kedatangan kapal selalu bertugas di pelabuhan untuk memeriksa suhu tubuh dan dokumen penumpang, guna menghindari penyebaran COVID-19," kata dia.

Dia berharap, kerja sama yang baik dengan semua pihak, membuat Kabupaten Sangihe terbebas dari penyebaran COVID-19.

"Kalau semua masyarakat mematuhi protokol kesehatan sebagaimana dianjurkan oleh pemerintah maka Kabupaten Sangihe akan terbebas dari penyebaran COVID-19," kata Thungari.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024