Manado (ANTARA) - Ketua TP-PKK Sulut Ir Rita Dondokambey-Tamuntuan menyebutkan sebanyak 50 desa/kelurahan di Sulawesi Utara segera mendapatkan bantuan peralatan jasa boga atau katering untuk menopang perekonomian keluarga.

“Tahun ini ada 50 desa/kelurahan yang tersebar di 15 kabupaten dan kota akan mendapatkan bantuan dari Pak Gubernur. Bantuan seperti ini sudah tiga tahun berturut-turut diberikan," sebut Ir Rita saat menyerahkan bantuan peralatan kasa boga di Kabupaten Minahasa Utara, Kamis.

Bantuan tersebut diserahkan kepada perempuan-perempuan yang tergabung dalam kelompok PKK yang ada di Desa Treman, Desa Wasian, Desa Pinili dan Kelurahan Airmadidi Bawah.

"Kita berdayakan mereka melalui program peningkatan peran perempuan," sebut Ir Rita yang juga istri Gubernur Olly Dondokambey.

Dia berharap kelompok PKK desa/kelurahan mengelola bantuan tersebut menjadi sumber penghasilan tambahan dengan cara menyewakan peralatan katering tersebut.

“Saya titip bantuan ini. Jadi desa boleh menyewakan, dan hasil yang didapat dari pengelolaan peralatan katering ini ibu-ibu kepala desa yang mengelola bersama dengan tim kader-kader PKK," ujarnya.

Mau dikelola seperti apa hasil dari penyewaan peralatan tersebut, Ir Rita menyerahkan sepenuhnya kepada tim.

"Mau dibuat apa itu terserah ibu-ibu yang penting ini dikelola baik, jangan cuma jadi aset desa atau aset PKK, tapi dikelola,” ajaknya.

Ia juga mengajak seluruh kader PKK mendukung program pemerintah pusat agar TP PKK seluruh Indonesia membagikan masker 'door to door' untuk masyarakat.

“Saya juga menitipkan masker untuk pengurus keempat desa, Bapak Presiden juga mengajak TP PKK di seluruh Indonesia membagikan masker door to door,” tandasnya.

Rencananya, kata Ir Rita, tanggal 14 Agustus dirinya bersama istri Mendagri, Tri Tito Karnavian akan mengadakan pembagian masker 'door to door' kepada masyarakat.

 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024