Sangihe (ANTARA) - Kepala Bank Indonesia(BI)  Perwakilan Sulawesi Utara, Arbonas Hutabarat mengimbau bank beroperasi di daerah itu membantu  ekonomi masyarakat menghadapi ancaman krisis ekonomi.

"Bank yang beroperasi di daerah ini harus bersinergi dengan pemerintah dalam membantu meningkatkan perekonomian masyarakat," kata Arbonas Hutabarat di Tahuna, Kamis.

Menurut dia, peningkatan ekonomi masyarakat di saat pandemi COVID-19 saat ini bukan cuma tanggung jawab pemerintah tapi semua pihak termasuk perbankan.

"Kita semua harus bersinergi dalam mendukung program pemerintah untuk meningkatkan ekonomi masyarakat saat ini," kata dia.

Dia mengatakan, kondisi ekonomi sekarang harus disikapi dengan kerja bersama dalam menggerakan ekonomi masyarakat agar bangsa ini bisa cepat keluar dari krisis.

"Mengatasi krisis saat ini harus dilakukan secara serius dan bersama-sama melalui pikiran yang kreatif, sebab kondisi ekonomi Indonesia saat ini bukan karena kegagalan, tapi ini masalah global yang dirasakan oleh semua bangsa.," kata dia.

Arbonas menyampaikan terima kasih kepada Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana yang terus mendorong mengembangkan sektor pertanian dan nelayan sehingga bisa memenuhi kebutuhan pangan lokal.

"Kami salut kepada bapak Bupati Jabes Gaghana yang tidak hanya menggerak sektor perikanan dan pertanian tapi juga menyiapkan transportasi melalui Tol Laut yang manfaatnya sangat besar dalam meningkatkan ekonomi masyarakat," kata dia.

Inovasi Pemerintah Kabupaten Sangihe dengan membentuk Pasar Tani dan Nelayan (PasTaNe) menjadi bukti bahwa pimpinan daerah  benar-benar berpihak pada masyarakat.

"Semoga apa yang sudah disiapkan pemerintah kabupaten saat ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat demi meningkatkan pendapatan keluarga di saat ini dan juga ke depan," kata dia.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024