Manado (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sulawesi Utara Sulawesi Tengah Gorontalo (Suluttenggo) mendukung penghijauan kawasan Taman Nasional Bogani Nani Wartabone Gorontalo.

"PT PLN (Persero) sebagai salah satu BUMN memiliki tanggung jawab sosial dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar wilayah kerjanya, PLN Unit Induk Wilayah Suluttenggo hadir dengan program 'PLN Peduli' melalui Bantuan Pelestarian Alam Penyediaan Bibit Pohon Buah Unggulan," kata Manager UP3 Gorontalo Supriyadi, di Manado, Jumat.

Kali ini, katanya, PLN membantu masyarakat dengan fokus pada penyediaan bibit pohon buah unggulan sejumlah Rp 37.500.000,- atau sejumlah 4.150 bibit buah.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, Rifly Katili mengungkapkan aksi penanaman ini melibatkan peserta penanaman terdiri dari Satuan Karya (Saka) Pariwisata dan Saka Wanabakti gerakan pramuka, kelompok ekowisata, pegiat lingkungan dan masyarakat yang ikut berpartisipasi.

Dia mengatakan dimana jumlah bibit pohon yang ditanam sebanyak 4.150 batang bibit yang terdiri dari jenis tanaman acasia agium, johar, trembesi, tanjung, glodokan, gamelina, sengon, jabon merah, jambu biji, jambu mente, sirsak, durian dan jeruk nipis.

Kemudian secara partisipatif berangsur akan ditanami oleh kelompok ekowisata burung Maleo Tulabolo dan masyarakat yang akan menanamnya. Sinerginya dengan PLN, yakin warga masyarakat akan lebih meningkatkan perekonomian di Provinsi Gorontalo umumnya.

"Terima kasih kami ucapkan kepada PLN yang telah begitu peduli kepada kami, semoga apa yang sama-sama kita harapkan PLN semakin maju dan semakin jaya,” ujarnya.

Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim mengatakan bahwa kawasan ini merupakan salah satu destinasi pariwisata, tetapi bencana alam terutama banjir yang melanda daerahnya akhir-akhir ini tentu akan menghilangkan daya tariknya untuk wisatawan terutama kegiatan wisata minat khusus. Itu salah satunya diakibatkan oleh rusaknya hutan.

Dia mengajak semua secara bersama-sama menjaga lingkungan hidup.

“Biasakanlah kita untuk menanam bibit pohon, seperti saat ini kita lakukan, karena manfaatnya cukup besar, selain untuk mengendalikan banjir dan bencana alam lainnya, juga secara ekonomis menopang aktivitas hidup kita. Mari kita menanam untuk kita dan anak cucu nanti. Untuk kegiatan ini pohon-pohon yang nanti ditanam harus di pelihara, harus ada yang bertanggungjawab terhadap bantuan CSR yang PLN berikan ini," tambah Idris.

Dari tempat yang berbeda, General Manager PLN UIW Suluttenggo, Leo Basuki, menambahkan melalui Bantuan PLN Peduli sebagai wujud dari komitmen PLN untuk terus hadir di tengah-tengah masyarakat dimana saat ini masyarakat mengalami kesulitan ekonomi akibat dampak covid ini, Karena hal itu menjadi bagian dari tanggung jawab kami berkontribusi pada pembangunan dan kelestarian lingkungan diantaranya membangun kerjasama dengan stakeholder di sektor pariwisata, yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Kegiatan ini berasal dari program CSR PLN Peduli adalah bentuk partisipasi BUMN terhadap pembangunan daerah khususnya pengembangan Pariwisata juga dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan dan alam sehingga tetap terawat.

Kerja sama antara Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo dengan PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Suluttenggo dapat diupayakan terus berlanjut dan perlu ditingkatkan.

Senior Manager SDM dan General Affairs, Galih Chrissetyo menekankan, Tahun 2020 ini PLN sangat Fokus di 3 Provinsi Sulut, Sulteng dan Gorontalo, untuk mengembalikan fungsi hutan sebagai penyangga eksosistem dan bahkan kawasan ekowisata.

Beberapa bencana banjir yang terjadi akhir-akhir ini turut menjadi fokus bahwa arah Ke depan PLN dengan semangat transformasi PLN (Lean, Green, Innovative, dan Customer Focused) melalui Program Peduli akan terus berkomitmen membangun CSR dengan fokus Sustainable Development Goals (SDGs) dimana harapannya setiap program CSR bisa menyasar terhadap 17 Program SDGs meliputi Pengentasan Kemiskinan, Pangan, Kesehatan, Pendidikan, Kesetaraan Gender, Ketersediaan air, Ketersediaan energi, peningkatan perekonomian masyarakat, Infrastruktur, Iklim, Pemukiman, Ekosistem Kelautan, dan juga keberlanjutan untuk mendukung pembangunan”, tutup Galih.

Penyerahan Bantuan mewakili General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Suluttenggo yaitu Manager UP3 Gorontalo Supriyadi di dampingi Manager Bagian Keuangan SDM dan Administrasi, Rully S Malie. Bantuan langsung diterima oleh Wakil Gubernur Provinsi Gorontalo Idris Rahim dan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo Bapak Rifly Katili.
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024