Manado (ANTARA) -
Tidak hanya menjaga keandalan listrik demi memberi kenyamanan bagi pelanggan, PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Manado ternyata turut memiliki tanggungjawab dalam pembenahan Kota Manado dibidang penyedia listrik.

Sebagai langkah nyata adalah dengan cara mengalihkan Saluran Kabel Tegangan Menengah (SKTM) 20 Kilo Volt (kV) dari kabel udara menjadi kabel tanam di lokasi Gardu Induk Teling ke Kantor Gubernur, Gardu Induk Teling ke Bumi Beringin, Gardu Induk Ranomut ke Gardu Hubung Komo dan Brimob Paniki ke Gardu Hubung Bandara.

Andre Lengkong, Manager UP3 Manado menyampaikan bahwa Teknologi tersebut diusung PLN untuk terus meningkatkan infrastruktur dalam memenuhi kebutuhan listrik yang semakin meningkat, yaitu dengan kabel yang dipendam di tanah tersebut yang mengalirkan tegangan sebesar 20 kV (kilo volt).

Selain itu pembangunan Saluran Kabel Bawah Tanah 20 kV ini juga termasuk pekerjaan rehabilitasi Saluran Udara Tegangan Menengah 20kV dalam rangka memperbaiki estetika kota Manado karena kabel-kabel Tegangan Menengah diudara mulai berkurang memenuhi ruang udara tata kota yang ada.

Dengan adanya pembangunan tersebut yang sudah hampir rampung 100% dalam waktu dekat ini segera diselesaikan, ditengah pandemi Covid 19 ini, kamipun terus berusaha untuk mempercepat proses pekerjaan dengan penyediaan material untuk kelanjutan pekerjaan bisa selesai. Untuk itu PLN meminta maaf kepada masyarakat bila ada hal-hal yang mengganggu aktivitas akibat dari pembangunan tersebut, tapi pembangunan tersebut kami rasa jauh lebih penting untuk kehadalan sistem kelistrikaan kota Manado kedepannya, tutur Andre.

Dengan penguatan sistem kelistrikan ini, diharapkan kehandalan pasokan listrik kota Manado semakin meningkat sehingga kepercayaan investor akan semakin baik dan efeknya pembangunan kota Manado semakin berkembang dalam menunjang perekonomian Provinsi Sulawesi Utara, jelas Andre

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Jimmy Rotinsulu menyampaikan dengan pembangunan instalasi kabel listrik di bawah tanah ini yang dilakukan oleh PLN, kami telah memberikan rekomendasi terkait pekerjaan yang sementara dilaksanakan oleh Pihak PLN. Dimana pembangunan ini tidak hanya diperuntukkan untuk perwajahan kota, tapi juga berdampak dengan perekonomian masyarakat. "Dengan pembangunan instalasi kabel listrik di bawah tanah ini agar wajah kota Manado lebih bagus dan tidak terganggu dengan banyaknya kabel yang bergelantungan," tutup Jimmy

PLN terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. PLN terus berbenah dalam upaya peningkatan customer experience, salah satunya memudahkan layanan informasi bagi masyarakat, hanya dengan mendownload Aplikasi PLN Mobile dari Playstore/AppStore, maka masyarakat langsung mendapatkan informasi dari fitur-fitur seperti cek tagihan dan riwayat token; permohonan pasang baru, perubahan daya, penyambungan sementara; cek status pengaduan dan  *keluhan* ; informasi tarif listrik terkini, dan telepon *contact center PLN 123* dengan voice over internet protocol (VoIP) dengan menggunakan Pulsa Data Tanpa Pulsa telepon.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw

Copyright © ANTARA 2024