Senin, 24 Juli 2017

Gubenur Sulut Berharap Warga Pendatang Laporkan Identitas

id pemprov sulut
Gubenur Sulut Berharap Warga Pendatang Laporkan Identitas
Gubernur Olly Dondokambey (foto: humas) (1)
Ini wajib agar bisa terdata semua warga pendatang ke daerah ini,
Manado, 13/7 (Antara) - Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey berharap warga pendatang yang masuk ke wilayah berpenduduk lebih dari 2,5 juta jiwa itu melaporkan identitas ke pemerintah yang dituju.

"Ini wajib agar bisa terdata semua warga pendatang ke daerah ini," kata Gubernur Olly di Manado, Kamis.

Menurut dia, semua warga negara dari Sabang sampai Merauke bisa berkunjung ke provinsi ujung utara Sulawesi itu.

"Namanya memegang kartu tanda penduduk Indonesia, tidak ada yang melarang. Siapa pun bisa datang ke sini (Sulawesi Utara) tanpa harus dihalang-halangi," katanya.

Hanya saja lanjut dia, kewajiban pemerintah daerah adalah mencatat warga yang berkunjung ke daerah yang dituju warga pendatang..

Hal ini penting dilakukan, untuk mengetahui apakah memiliki itikad baik atau tidak, lanjut dia.

"Akan jadi pertanyaan apabila sudah tiga atau empat hari ke sini namun tidak melaporkan diri ke pemerintah setempat. Intinya siapa saja boleh datang ke daerah ini, kami terbuka, tetapi harus dicatat keberadaannya," ujarnya.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu berharap deteksi dini bagi para pendatang dapat dilakukan dengan mengaktifkan kembali pos keamanan lingkungan yang ada di setiap desa atau kelurahan.

"Kita aktifkan lagi poskamling sehingga siapa pun dia bisa bisa terkontrol keberadaannya. Paling penting juga keluarga melaporkan ke pemerintah setempat apabila ada saudaranya dari luar daerah yang berkunjung," katanya.

***2***





(T.K011/B/M019/M019) 13-07-2017 17:09:37

Editor: Guido Merung

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga