Jumat, 22 September 2017

Lebaran 2017 - Wakil Wali Kota : Toleransi Kekuatan Warga Manado

id Wawali Manado
Lebaran 2017 - Wakil Wali Kota : Toleransi Kekuatan Warga Manado
Wawali Mor Bastiaan, diwawancarai usai menghadiri Shalat Id di Masjid Raya A.Yani Manado. (Jo) (1)
Selama ini Manado selalu aman dan nyaman karena kerukunan dan toleransi itu terpelihara terus sampai saat ini

Manado, (Antarasulut) - Wakil Wali Kota Manado, Mor Dominus Bastiaan mengatakan toleransi dan saling menghargai antar umat beragama merupakan kekuatan seluruh warga dan pemerintah kota Manado.

"Selama ini Manado selalu aman dan nyaman karena kerukunan dan toleransi itu terpelihara terus sampai saat ini," kata Bastiaan, usai menghadiri shalat Id, di Masjid Raya Ahmad Yani, Manado, Minggu.

Dia mengajak, seluruh warga Sulawesi Utara khususnya Manado untuk selalu menjaga hal tersebut, sebab dengan itulah maka setiap warga kota dapat dengan tenang dan nyaman melakukan aktivitasnya tanpa takut dengan apapun.

Selama ini menurut Bastiaan, Manado tetap aman meskipun ada ancaman teroris ISIS atau lainnya karena masyarakat sangat sadar dan memahami apa itu toleransi sehingga tidak ada riak-riak dalam kehidupan bermasyarakat.

Dia mencontohkan, saat pelaksanaan Shalat Id, ada ormas kristen yang ikut menjaga di keamanan dan mengatur lalulintas sehingga tidak menganggu yang sedang beribadah, itu menunjukan betapa tinggi rasa persaudaraan.

Karena itu dia mengatakan, masyarakat dan pemerintah tidak akan menerima jika ada yang aksi intoleran yang coba-coba merusak persatuan dan kesatuan bangsa termasuk di Manado.

"Yang tidak toleran dan tak memahami artinya menghargai sesama umat beragama, tidak boleh ada di Manado, karena kita di sini semuanya menyadari pentingnya persaudaraan," katanya.

Karena itulah, menurutnya, maka di setiap hari raya termasuk lebaran saat ini, pemerintah kota dipimpin langsung wali kota Vicky Lumentut, melakukan safari Idul Fitri ke rumah-rumah pejabat yang berhari raya untuk mengucapkan selamat sekaligus bersilaturahmi mengeratkan persaudaraan.

***4***



(T.KR-JHB/B/Z003/Z003) 25-06-2017 11:45:07

Editor: Guido Merung

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga