Jumat, 22 September 2017

Berlangsung Meriah, Ratusan Peserta Padati Pawai Takbiran di Tondano

id pawai takbiran, tondano, ivan sarundajang
Berlangsung Meriah, Ratusan Peserta Padati Pawai Takbiran di Tondano
Wabup Ivan Sarundajang bersama Sekkab Jeffry R. Korengkeng dan Kapolres Minahasa AKBP Syamsubair didampingi tokoh-tokoh agama ketika melepas peserta pawai Takbiran.(1)
Siapapun dia, kita sama dalam bermasyarakat. Maka dari itu, menyambut perayaan Idul Fitri mari kita jaga kebersamaan yang selama ini sudah terbangun di Minahasa. Selamat hari raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin
Tondano (AntaraSulut) - Menyambut hari raya Idul Fitri 1438 hijriah tahun 2017, umat muslim di Kabupaten Minahasa melaksanakan pawai Takbiran, bertempat di Mapolres Minahasa dimulai sekitar pukul 20.00 Wita, Jumat (24/6).

Pawai takbiran dimulai dari lokasi start di Mapolres Minahasa pada pukul 20.30 Wita, kegiatan ini dibuka langsung Wakil Bupati Minahasa Ivan Sarundajang dan Kapolres Minahasa AKBP Syamsubair serta para tokoh agama.

Rute pawai dimulai dari halaman Mapolres Minahasa dan belok kanan perempatan Wewelen - lurus menuju perempatan lampu merah - belok kanan menuju terminal Tondano - belok kanan menuju monumen DR. Samratulangi - belok kiri lurus menuju perempatan Boulevard - belok kiri lurus menuju Patung Korengkeng - belok kiri lurus melewati lapangan Samratulangi - belok kanan menuju gereja Sentrum - belok kiri lurus menuju pertigaan Sekda - belok manan menuju finish di depan Masjid Al-Falah Kiay Modjo Kelurahan Kampung Jawa Tondano.

Acara malam Takbiran diawali dengan sambutan sekaligus laporan Ketua Panitia Haji Sam Tayeb. Dilanjutkan dengan sambutan Kapolres Minahasa AKBP Syamsubair.

Dalam sambutannya, Syamsubair menyampaikan, agar dalam kegiatan takbiran para peserta tetap menjaga ketertiban dan keamanan lalulintas.

"Untuk para pengendara kendaraan bermotor tetap tertib, tidak ugal-ugalan. Setelah pawai tidak ada lagi yang di jalanan, langsung kembali ke tempat masing-masing guna menjaga keselamatan kita bersama," tuturnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Minahasa Ivan Sarundajang mengungkapkan, melalui kegiatan ini agar memperkokoh rasa kesatuan dan kebersamaan antar umat beragama di Kabupaten Minahasa.

"Siapapun dia, kita sama dalam bermasyarakat. Maka dari itu, menyambut perayaan Idul Fitri mari kita jaga kebersamaan yang selama ini sudah terbangun di Minahasa. Selamat hari raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin," ungkapnya.

Kemudian dilanjutkan dengan doa penutup sekaligus pengantar dimulainya pelaksanaan pawai takbiran oleh Ketua MUI Kabupaten Minahasa H. Suyitno Kangiden.

Terpantau, pawai Takbiran berlangsung aman dan kondusif. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolres Minahasa AKBP Syamsubair, Wakil Bupati Minahasa Ivan Sarundajang, Sekertaris Kabupaten Minahasa Jeffry R. Korengkeng, Wakapolres Minahasa Kompol Alkat Karouw, mewakili Dandim 1302/Minahasa Kapten Inf Wilmar Saragih, Ketua MUI Kabupaten Minahasa H. Suyitno Kangiden, Sekretaris PHBI Kabupaten Minahasa H. Kardia Kodu, Ketua Dewan Masjid Kabupaten Minahasa H. Habib Husein Assegaf, Ketua KKJI Tondano H. Sukirmab, Kaban Kesbangpol Kabupaten Minahasa Jorry Gumansing, Kadisnaker Kabupaten Minahasa Vicky Kaloh, PJU Polres Minahasa, para camat, tokoh agama dan tokoh masyarakat serta peserta pawai Takbiran dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun empat yang berjumlah sekitar 500 orang.

Editor: Guido Merung

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga