Selasa, 27 Juni 2017

Tatong Buka Layanan Penukaran Uang Jelang Lebaran

id Tatong mengatakan agar masyarakat Kota Kotamobagu dan sekitarnya agar dapat memanfaatkan kesempatan ini.
Tatong Buka Layanan Penukaran Uang Jelang Lebaran
Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara didampingi Kepala BI Sulut Soekowardojo dan Direktur Kepatutan Bank Sulutgo Mahmud Turuis membuka secara resmi layanan penukaran uang baru di daerah tersebut. (1)
Tatong mengatakan agar masyarakat Kota Kotamobagu dan sekitarnya agar dapat memanfaatkan kesempatan ini.
Kotamobagu, 19/6 (Antara) - Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara membuka layanan penukaran uang baru jelang Lebaran di Kota Kotamobagu Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Layanan yang dilakukan oleh Bank Indonesia (BI) ini diharapkan dapat membantu masyarakat memenuhi kebutuhan mereka akan uang kecil," kata Tatong di Kota Kotamobagu, Senin.

Tatong mengatakan agar masyarakat Kota Kotamobagu dan sekitarnya agar dapat memanfaatkan kesempatan ini.

"Biasanya kita harus ke bank untuj melakukan penukaran uang, namun kali ini BI membuka layanan di Alun-alun kota sehingga dengan mudah masyarakat untuk melakukan penukaran.

Kepala BI Perwakilan Sulut Soekowardojo mengatakan melihat animo masyarakat melakukan penukaran uang baru di Kota Kotamobagu cukup tinggi, sehingga selain perbankan juga ada layanan BI sejak tanggal 19-21 Juni 2017.

"Semoga dengan kesiapan dana yang cukup banyak dari kami, akan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat di Kotamobagu yang mayoritas merayakan Lebaran," katanya.

Layanan kas keliling dan kas titipan selama ini memang sudah mampu mencukupi kebutuhan uang kartal di Provinsi Sulawesi Utara.

"Namun kami menyadari bahwa pada masa menjelang lebaran, kebutuhan masyarakat terhadap uang kartal akan meningkat dengan sangat signifikan," katanya.

Bersama perbankan dan pelaku usaha kami telah memproyeksikan kebutuhan uang tunai selama Ramadhan dan Idul Fitri Tahun 1438 H/2017 untuk wilayah Sulawesi Utara dan Gorontalo, yaitu sebesar Rp1,97 Triliun atau meningkat sebesar 35 persen (yoy) dari realisasi outflow di tahun sebelumnya yang tercatat sebesar Rp1,46 Triliun.

Peningkatan ini boleh jadi menyebabkan layanan kas keliling dan kas titipan dirasa tidak cukup memadai mengingat tingginya permintaan masyarakat.

Oleh karena itu, katanya, seperti tahun-tahun sebelumnya saat menjelang perayaan hari keagamaan seperti Lebaran dan Natal, BI bersama

perbankan, hadir di tengah masyarakat untuk memberikan layanan secara langsung, guna memenuhi kebutuhan uang layak edar, dalam pecahan yang cukup dan jumlah sesuai dengan yang dibutuhkan.

Untuk penyelenggaraan kegiatan penukaran bersama BI dan perbankan menjelang Hari Raya Idul Fitri tahun ini, akan diikuti oleh 30 bank umum dan 1 BPR di 7 (tujuh) Kabupaten / Kota di Sulawesi Utara dan Gorontalo selama bulan Ramadhan, yaitu di Manado (15-22 Juni 2017), Kotamobagu (19-21 Juni 2017), Bolaang Mongondow (5-9 Juni 2017), Bolaang Mongondow Selatan (5-9 Juni 2017), Gorontalo (tgl. 19-21 Juni 2017), dan Pohuwato (19-21 Juni).

Direktur Kepatutan Bank Sulut Gorontalo Mahmud Turuis mengatakan pihaknya sangat siap melayani peningkatan permintaan dana masyarakat.

"Kami telah melakukan antisipasi karena diperkirakan melonjaknya permintaan dana dari masyarakat di Kabupaten Bolmong raya jelang Lebaran," kata Mahmud.

Dia mengatakan apalagi di Kabupaten Bolmong raya mayoritas masyarakat yang merayakan Lebaran. "Intinya Bank Sulut selaku kantor kas titipan BI, sangat siap," pungkasnya.***3***



Editor: Guido Merung

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga