Selasa, 27 Juni 2017

DPRD Manado Ikut Bimtek Peningkatan Kapasitas

id DPRD
DPRD Manado Ikut Bimtek Peningkatan Kapasitas
Para legislator berfoto bersama setelah selesai Bimtek. (Ist) (1)
Bimtek dilaksanakan di Jakarta selama empat hari, mulai Kamis (15/6) sampai Minggu (18/6)
Manado, (Antarasulut) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Manado, kembali mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi sebagai wakil rakyat.

"Bimtek dilaksanakan di Jakarta selama empat hari, mulai Kamis (15/6) sampai Minggu (18/6) Juni di Jakarta dan materi yang cukup banyak," kata Wakil ketua DPRD Manado, Richard Sualang.

Sualang mengatakan Bimtek yang berlangsung empat hari tersebut menghadirkan para pemateri pejabat eselon dua dan dari tiga Kementerian Dalam Negeri, serta STPDN dimulai sejak pagi sampai sore. 

Dia mengatakan, materi yang didapatkan dalam Bimtek tersebut antara lain adalah optimalisasi dan tanggungjawab alat kelengkapan dewan, kemudian hak keuangan dan administrasi pimpinan dan anggota DPRD sesuai PP 18/2017.

"Materi lainnya adalah tentang arah kebijakan revisi PP 16/2010, kemudian penguatan kompetensi pimpinan dan anggota DPRD dalam pengambilan keputusan politik pemerintahan," katanya.

Secara umum, kata Sualang, materi-materi tersebut bermanfaat untuk membuat para wakil rakyat makin memahami tugas pokok dan fungsinya dalam melaksanakan tugas keseharian.

"Sebab memang masih ada saja yang belum memahami benar dengan tugasnya sehingga sering salah dalam bertindak dan mengambik keputusan," katanya.

Dia berharap dengan adanya Bimtek tersebut, akan semakin membuat para legislator yang ada di di DPRD Manado sebagai perwakilan dari 11 kecamatan bisa melakukan tugasnya dengan benar, sampai selesai masa jabatan. ***2***





(T.KR-JHB/B/G004/G004) 18-06-2017 16:34:16

Editor: Guido Merung

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga