Selasa, 27 Juni 2017

Bolsel Wakili Sulut Dalam Penilaian Upakarti

id Pemberian penghargaan pemerintah ini dimaksudkan untuk memberikan apresiasi bagi mereka yang berprestasi dalam pembinaan dan pengembangan industri.
Bolsel Wakili Sulut Dalam Penilaian Upakarti
Alwy Pontoh (1)
Pemberian penghargaan pemerintah ini dimaksudkan untuk memberikan apresiasi bagi mereka yang berprestasi dalam pembinaan dan pengembangan industri.
Manado, 14/6 (Antara) - Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Herson Mayulu mewakili Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dalam penilaian calon penerima penghargaan Upakarti di tingkat nasional.

"Bolaang Mongondow dipilih karena memenuhi syarat tiga tahun sudah melakukan pembinaan kepada industri kecil menengah(IKM)," kata Kepala Bidang Fasilitasi Pengembangan Industri Kecil Menengah (IKM) Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulut Alwy Pontoh di Manado, Rabu.

Dia mengatakan sebelumnya ada beberapa kabupaten dan kota di Sulut yang telah diseleksi dan yang lolos uji ke tingkat nasional yakni Kabupaten Bolsel.

Pemberian penghargaan pemerintah ini dimaksudkan untuk memberikan apresiasi bagi mereka yang berprestasi dalam pembinaan dan pengembangan industri.

Untuk mempertahankan dan meningkatkan pertumbuhan industri nasional yang cukup baik ini perlu dilakukan upaya-upaya yang lebih strategis dalam rangka meningkatkan daya saing dan memotivasi dunia usaha serta masyarakat melalui pemberian penghargaan kepada mereka yang berjasa dalam pembinaan dan pengembangan industri, pengembangan desain, penemuan teknologi, pengembangan industri hijau maupun lembaga yang memanfaatkan hasil produksi dalam negeri.

Penghargaan Upakarti, yaitu penghargaan tertinggi dari pemerintah kepada mereka yang telah berdedikasi tinggi melakukan berbagai upaya yang sangat luar biasa dalam pengembangan industri kecil dan menengah.

"Penghargaan Upakarti ada tiga kategori yakni jasa pengabdian, jasa kepeloporan dan jasa kepedulian," jelasnya.

IKM dipandang sebagai salah satu sektor penting yang berperan strategis mendukung perkembangan industri nasional. Hanya saja IKM mudah dimasuki dan ditinggalkan, sehingga perlu berbagai upaya mendorong pengembangan IKM agar tangguh, kuat, mandiri dan berkelanjutan.

Upakarti dibentuk dari kata Upa yang berarti bermacam-macam, dan Karti berarti sarana karya. Maka, Upakarti berarti penghargaan atas bermacam-macam karya berguna dalam menyantun, mendorong dan mengembangkan IKM.***3***



(T.KR-NCY/B/G004/G004) 14-06-2017 15:20:35

Editor: Guido Merung

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga