Selasa, 27 Juni 2017

Korsel Juara Piala Sudirman Tundukkan China

id Piala Sudirman 2017
Korsel Juara Piala Sudirman Tundukkan China
Pemain Korsel usai tundukkan China (1)
Gold Coast, Australia (AntaraSulut) - Tim Korea Selatan menjuarai turnamen bulu tangkis Piala Sudirman 2017 setelah mengalahkan tim China dengan skor 3-2 di Carrara Sport and Leisure Centre, Gold Coast, Minggu.

Di partai pertama, tim Negeri Tirai Bambu mencuri angka pertama melalui pasangan ganda putra peraih emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016, Fu Haifeng dan Zhang Nan.

Mereka membawa China unggul 1-0 dengan menumbangkan duet Korea Selatan Choi Solgyu dan Seung Jae Seo dengan skor 21-14, 21-15.

Cina kesulitan di partai kedua. Tunggal putri mereka, He Bingjiao, tidak bisa berbuat banyak di hadapan pemain peringkat empat dunia asal Korea, Sung Ji Hyun.

Sung Ji Hyun menang 21-12, 21-16 dari He Bingjiao, membawa harapan bagi Korea Selatan dengan menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Di partai ketiga yang mempertemukan pemain tunggal putra, secara mengejutkan Korea Selatan tidak menurunkan Son Wan Ho untuk menghadapi Chen Long, juara Olimpiade Rio de Janeiro 2016.

Negeri Ginseng memilih menurunkan pemain peringkat 41 dunia Jeon Hyeok Jin untuk melawan Chen Long, yang kemudian dengan mudah mengalahkan Jeon Hyeok Jin 21-10, 21-10 sehingga China kembali unggul 2-1.

Pertandingan partai keempat yang mempertemukan pasangan ganda putri peringkat tiga dunia asal Korea Selatan Chang Ye Na dan Lee So Hee dengan peringkat empat dunia asal China, Chen Qinchen dan Jia Yifan berlangsung seru.

Bermain ketat sejak awal gim pertama, pasangan Korea Selatan akhirnya menang dari duet China 21-19, 21-13, dan kedudukan kembali imbang 2-2.

Pada pertandingan pamungkas yang menentukan, pasangan ganda campuran Korea Selatan Choi Solgyu dan Chae Yoo Jung menumbangkan pasangan nomor dua dunia asal China, Lu Kai dan Huang Yaqiong.

Pemain Korea berhasil menyudahi perlawanan hebat dari pasangan China dengan skor 21-17, 21-13 dan memastikan kemenangan tim negaranya 3-2.

"Hari ini kami tampil di bawah performa terbaik. Namun kami akui mereka bermain baik hari ini," kata Huang Yaqiong sambil meneteskan air mata.

"Kami sangat senang dan bangga atas kemenangan ini. Ini adalah buah dari kerja keras kami semua selama ini," kata Choi Solgyu.

Gelar Piala Sudirman 2017 merupakan gelar juara keempat Korea Selatan setelah kemenangan mereka pada 1991, 1993, dan 2003.

Editor: Guido Merung

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga