Jumat, 28 April 2017

Minahasa Tenggara Targetkan 1.000 Ensiminasi

id minahasa tenggara
Minahasa Tenggara Targetkan 1.000 Ensiminasi
Petugas Dinas Pertanian Minahasa Tenggara melakukan inseminasi kepada sapi. (Dinas Pertanian Mitra)

Minahasa Tengara, 20/4 (Antara) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara menargetkan untuk melakukan ensiminasi buatan bagi 1.000 ekor sapi yang ada di daerah tersebut pada tahun 2017 ini.
"Tahun ini kami menargetkan akan melakukan ensiminasi bagi 1.000 ekor sapi di seluruh Minahasa Tenggara," kata Kepala Dinas Pertanian Minahasa Tenggara Elly Sangian di Ratahan, Kamis.
Dia mentuturkan, ensiminasi buatan tersebut merupakan upaya yang dilakukan oleh pihaknya tersebut dalam rangka meningkatkan jumlah produksi sapi di Minahasa Tenggara.
"Ini merupakan salah satu program unggulan pemerintah kabupaten untuk peningkatan jumlah produksi sapi di Minahasa Tenggara," katanya.
Lebih lanjuk kata Elly, dalam pelaksanaannnya petugas dari Dinas Pertanian turun langsung ke lapangan untuk melakukan ensiminasi tersebut secara rutin di kecamatan-kecamatan.
"Kami sudah menyiapkan petugas khusus, yang secara bergilir turun ke lapangan untuk melakukan ensiminasi secara gratis ke hewan-hewan ternak ini," katanya.
Sasaran pemberian tersebut kata Elly bagi hewan ternak peliharaan milik para masyarakat maupun para peternak kecil di setiap kecamatan.
"Kami menyasar ke hewan ternak milik masyarakat atau peternak kecil, sekaligus dengan memberikan pendampingan kepada para pemilik ternak ini," katanya.
Dia pun berharap dengan ensiminasi yang dilakukan oleh pihaknya ini selain peningkatan jumlah produksi sapi di Minahasa Tenggara dapat juga membantu dalam ketahanan pangan.
"Selain ada peningkatan jumlah hewan ternak, khususnya sapi diharapkan dengan meningkatnya populasi hewan ternak ini akan mendukung program ketahanan pangan di daerah khusus untuk ketersediaan daging." tandasnya.***3***

Editor: Guido Merung

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga